Menata Rumah Dengan Metode Konmari - Menata Baju

By Simply Sidik - September 17, 2019


Saya mau nanya nih, kamu para emak-emak kalo liat kata-kata ' SALE ' rasanya gimana sih? kalo reaksi awal saya sebagai si emak irit udah pasti langsung nyamperin dan di pandangin yang lamaaa banget..sambil mikir 'beli ga ya?' , ' mumpung diskon ini', 'eh tapi uangnya ada ga ya?', 'ya udah deh beli aja mumpung diskon, daripada ga bisa tidur gara-gara kepikiran'. hayoo siapa yang sama kayak saya cung.. 😋
Tapi sekarang saya udah mulai menahan diri dari rayuan si SALE ini terutama untuk baju karena keseringan saya pake baju yang itu-itu aja, dan juga saya sedang memulai hidup sederhana. Saya dan keluarga sedang mencoba metode konmari dari bukunya yang berjudul 'The Life Changing Magic of Tidying Up'  by Marie Kondo, yaitu prinsipnya adalah hanya menyimpan barang yang menimbulkan kebahagiaan. 
Metode Konmarie membagi jenis barang menjadi lima, yaitu Baju, Buku, Kertas, Komono, dan barang kenangan. Dan Marie Kondo mengatakan untuk mengikuti urutan tersebut, dimulai dari memilih dan membuang barang yang tidak membangkitkan kebahagiaan, setelah itu baru menyimpan barang yang telah dipilih. Jadi blog ini saya akan mencoba share pengalaman saya bebenah baju ala metode konmari.
Sebelumnya saya mau kasih lihat kumpulan baju saya, mungkin bagi sebagian orang baju ini ga terlalu banyak, tapi percayalah baju segini aja udah bikin pikiran saya mumet setiap buka lemari.



Saya mulai menyortir dengan cara memegang satu persatu baju dan apakah menimbulkan kebahagiaan atau ga, bahkan beberapa baju ada yang saya coba dulu sambil merasakan apakah baju ini bikin saya terlihat bagus?, 



Dan ini adalah hasil baju yang tidak membangkitkan kebahagiaan? haha..banyak ya..


Ini adalah baju, celana, dan hijab yang saya pilih untuk disimpan, bayangin ternyata saya cuma butuh  baju satu koper ukuran 20 inchi, ini diluar baju kondangan yang digantung sekitar tiga pcs dan baju yang di laundry/baju kotor.
waktu pengerjaannya yaitu dua hari karena disambi ngurus anak. Next project adalah baju anak saya dan suami. Sudah sekitar satu bulan sejak saya merapihkan baju saya pake metode konmari, kesan saya yaitu saya jadi lebih gampang untuk pilih baju, ga perlu terpaku didepan lemari untuk mikirin mau pake baju apa hari ini. Kalo kesulitannya yaitu kadang untuk baju rumah suka habis dan belum dicuci (maklum ibu sibuk nyuci cuma seminggu sekali 😆), tapi apakah bikin persaan saya hari itu runyam atau saya jadi sanagt kesulitan?..ya enggaklah tinggal pake baju yang kemaren aja jadi toh..hehe..














  • Share:

You Might Also Like

0 comments