Mengajarkan Terimakasih dan Maaf ke Anak

By Simply Sidik - September 17, 2019


Saat ini anak saya Uta udah berumur 2 tahun 8 bulan. Sejak dia mulai bisa bicara saya udah ajarin untuk selalu bilang terimakasih dan maaf. Waktu awal saya sosialisasiin dua kata itu ke dia berjalan mulus, Uta selalu ikutin apa yang saya suruh, cuma akhir-akhir ini kayaknya dia udah mulai bisa berontak, maklum lah ya di usia sekarang anak mulai bisa mikir dan meniru perilaku orang disekitarnya. Kalo untuk bilang terimakasih sampe sekarang masih mulus, bahkan ketika kami mau pulang ke rumah setelah dari rumah orang tua saya, Uta selalu bilang ‘terimakasih nenek, udah jagain Uta, udah suapin Uta, udah gendong Uta’. Sebagai informasi, saya adalah ibu bekerja dan Uta saya titipin ke ibu saya, don’t judge, I have reason for that, but feel free if you still want to judge.
Tapi untuk bilang maaf susahnya minta ampun, harus saya bujuk-bujuk dulu dan itu pun ngomongnya dengan suara pelan. Saya tau kemungkinan Uta seperti itu karena dia merasakan kecewa dan kesal, ditambah kita sebagai orang dewasa di sekelilignya ketika dia merasakan perasaan ga nyaman atau kesal karena kita paksa untuk melakukan sesuatu yang dia nggak mau, kita lupa bilang maaf. Mungkin bagi orang dewasa itu hal yang simple, tapi bagi anak balita yang pikirannya masih pendek akan berfikir kalo 'ayah atau bunda aja ga pernah minta maaf ke aku kalo udah nangisin aku', dan akhirnya seiring bertambahnya usia, dia akan tumbuh jadi anak yang gengsi untuk minta maaf, egois, dan jadi anak yang cuek akan lingkungan. 
Maka dari itu saya dan suami mulai membiasakan untuk minta maaf kalau memang kita maksa dia untuk menuruti kemauan kita sampe dia nangis. 




Terus kalo sudah terlanjur nangis gimana?

Misalkan ketika dia nangis karena main tumpahan air dilantai dan saya pindahin dia ke tempat yang kering, pertama kali yang saya lakukan adalah mensejajarkan mata saya dengan mata Uta, sambil bilang
 "Uta kesel ya di paksa bunda? Uta nggak mau ya bunda larang main air?"

Biasanya dia ngangguk tapi masih nangis, kemudian saya minta maaf ke dia sambil bilang alesannya kenapa saya pindahin dia beserta resiko yang sekiranya bakal kejadian kalo saya ga pindahin uta.
.
" ya udah bunda minta maaf ya, bunda pindahin uta biar ga kepeleset, itu kan lantainya basah, nanti uta kalo kepeleset bisa kejedot, sakit kan kalo kejedot"

Dan dia akan ngannguk lagi tapi masih sambil nangis, dan kalo gitu hal terakhir yang saya lakukan adalah saya bilang kedia

" nanti kalo Uta udah selesai nangisnya bunda minta peluk ya" sambil saya coba peluk.

Saya nggak minta dia untuk diem, karena saya pernah baca artikel lebih baik salurkan semua kemarahan anak sampai tidak ada lagi energi negatif didalam dirinya, karena kalo si anak udah disuruh diem tapi dia masih kesel, dia akan memendam persaannya dan akan menjadi bom waktu. Efeknya jangka pendek yaitu durasi anak nangis semakin lama, atau dia mencari pelampiasan dengan menyakiti diri atau orang lain, tau kan misalkan anak guling-guling di jalan atau mukul anak orang lain. Sedangkan efek jangka panjangnya anak ga akan deket sama orang tuanya karena dia ga bisa meluapkan apa yang dia rasakan dan malah cari pelampiasan di luar.  
Sekarang kalo Uta nangis karena hal diatas, biasanya ga lama kecuali ada faktor lain ya kayak ngantuk atau lagi sakit.

Emang ga takut apa nanti anaknya haus akan kata maaf? 
Jangan deh nanti jadi kebiasaan apa-apa nangis biar kita minta maaf mulu..

Ada ga ya yang mikirnya kayak gini?😆😅 

Hai emak, maaf itu ga ada wujudnya, itu bentuk respect kita sama perasaan anak yang masih belom bisa bedain mana yang lumrah mana yang nggak. Lagian misalkan kita dapet perlakuan yang bikin kita jengkel, pasti kita nuntut orang itu minta maaf ke kita kan? Yang salah itu kalo minta maaf ada embel-embel mainannya, nah itu bisa jadi alibi dia untuk dapetin apa yang dia mau.

Ayo bu ibu,,semangat ya jadi contoh yang baik untuk anak kita 😉😉

  • Share:

You Might Also Like

0 comments