Drama Ibu Bekerja Tanpa Asisten Rumah Tangga

By Simply Sidik - October 29, 2019


Udah hampir setahun ini saya di rumah cuma tinggal bertiga sama suami dan anak, sebelumnya ibu dan adek-adek saya tinggal sama saya karena rumah ibu saya masih belum di renov (secara direnov kalo ada rejeki, jadi bertahap). Kalo waktu ibu saya masih tinggal bareng, kayaknya rumah lebih rapih karena adek-adek saya ada tugas masing-masing untuk nyapu, ngepel, cuci piring dll,, jadi saya bebas dari kerjaan rumah. Tapi ketika mereka udah pindah ke rumah ibu, disana baru kerasa gimana capeknya kerja, urus rumah dan urus anak. Dan ternyata Zonk,,haha..

Jadi sekarang tuh usia Uta udah 2 tahunan, dan itu anak lagi pecicilan, mainan dimana-mana, makanan dimana-mana, emak jadi pusing. Yang sebelumnya kalo saya tinggal kerja rumah berantakan, eh pas pulang kerja rumah udah rapih, piring udah bersih, dan tinggal istirahat doank,,thanks to para adek. Tapi sekarang, pas tinggal cuma bertiga doank, ketika pagi grasak grusuk bangun dan siap-siap ditambah keadaan rumah kayak lapangan parkir mobil truk dan excavator nya uta, ya  pulang pun masih kayak gitu. haha..
Jadi siasat saya sebagai emak yang dituntut untuk extra strong dan berusaha untuk waras yaitu :

1. Set Prioritas
Disini maksud saya adalah saya dan suami tetep memprioritaskan anak diatas    segalanya, jadi ketika capek kayak gimana pun saya tetep berusaha main sama anak,     ajak dia ngobrol ketika di jalan dari rumah ibu ke rumah saya, dan sampe rumah kalo dia mau main saya tetep ladenin.

2. Bagi tugas dengan suami 
Saya sebisa mungkin bagi tugas sama suami, misalkan pas hari kerja disaat saya capek dan pengen langsung tidur, yang tugas cuci piring itu suami. 

2. Minimalkan kerjaan
Percayakan urusan cuci dan menyetrika baju ke Laundry, setelah saya hitung-hitung malah lebih irit dimasukin ke laundry dibanding cari orang untuk cuci dan gosok.

3.  Woles 
Saya kalo kerjaan kantor numpuk dan rumah berantakan, cucian piring numpuk endebrai endebrai, ya udah woles aja langsung ajak Uta tidur, urusan cuci mencuci balik lagi ke point 2 😆😆, dan kalo suami juga lagi capek, ya udah kita bertiga tidur aja. Besok lagi dipikirin mau kerjain yang mana dulu.


Ya intinya saya komunikasiin ke suami, jangan ragu minta tolong suami kalo memang lagi capek, saya rasa banyak pasangan muda yang kayak saya dan tetap bisa balance antara kehidupan kantor, anak dan rumah. Yang penting saya ikhlas dan bersyukur atas apa yang saya dapet. Mungkin orang yang liat kami berfikir kalau hidup kami enak karena sudah tinggal sendiri, padahal kan keadaan sebnernya ga ada yang pernah tau. Anggep aja rumah berantakan itu ladang pahala yang bercecer minta di ambil, anak yang pecicilan itu ladang pahala untuk sabarnya saya, keringet dan pikiran yang tersita di tempat kerja merupakan ladang pahala untuk bantu suami. 😍😍









  • Share:

You Might Also Like

0 comments